I am lefty, but…

Saya kidal. Tapi gak bener-bener kidal. Hmmm…gimana ya ngomongnya? Ya sudahlah, saya certain aja biar gak bingung sendiri, hee.

Once upon a time…Saat saya mau melanjutkan pendidikan ke Sekolah Dasar (yaelaah..resmi amat!) saya senang banget dibeliin buku tulis, spidol 12 warna dan tas warna warni berbentuk topi. Gimana gak senang?untuk bocah berusia 7 tahun seperti saya itu seperti harta karun! Karena sudah dibeliin tentu saja langsung dipake. Waktu itu saya dah mulai belajar nulis-nulis (sebenarnya corat-coret) huruf alphabet. Nah, disinilah terjadinya kecelakaan sejarah! Saya tanpa sadar belajar nulisnya pake tangan kiri. Waktu terus berjalan…akhirnya saya jadi kebiasaan pake tangan kiri (santai aja! Buat yang baik2 doank kok!). Otak saya kayaknya sudah mengingat dengan baik. Di sini juga kemampuan bikin sketsa (gambar2 power ranger maksudnya) saya mulai terasah, termasuk kemampuan lain dan tentu saja semua kidal.

My left handHari pertama masuk sekolah pun tiba. Yah..perkenalan dulu..trus bla bla bla. Pelajaran pertama taulah ya..belajar baca dan nulis alphabet. Tentu saja saya pake tangan kiri nulisnya. Saat itu Ibu Guru sepertinya blum menyadari bakat, hmmm. Makin lama pelajaran baca tulisnya makin susah saja. Sampai akhirnya kita dapat tugas menulis kalimat dengan tulisan indah berulang-ulang. Saya blum punya buku tulisan indah sih, jadi pake buku biasa untuk sementara. Selama pengerjaan tugas, Bu Guru kan keliling lihat-lihat, nah disinilah saya ketahuan kidal nulisnya. Bu Guru menegur saya supaya pakai tangan kanan. Katanya yang kiri itu untuk yang gak baik-baik. Akhirnya saya pura-pura nulis pake kanan, pas guru pergi saya pake kiri lagi. Tapi tetap saja akhirnya ketahuan lagi. Di sini Bu Guru mulai tegas nih. Saya pun mencoba (memaksakan) pake tangan kanan soalnya diliatin Bu Guru terus. Karena gak bisa-bisa, kerjaan gak selesai-selesai, dan sebel ngeliat temen-temen lain dah pada ngumpulin, saya pun menangis di kelas (hiks..hiks). Bu Guru tersentuh juga melihat bocah kecil ini. Akhirnya saya diberi kelonggaran untuk mengerjakan dengan tangan kiri tapi dengan syarat harus latihan nulis pake tangan kanan di rumah. Saya jadi lega. Tugas pun adi cepet selesainya.

Sampai di rumah saya terus belajar nulis pake tangan kanan. Terus belajar dan akhirnya bisa. Tapi untuk hal-hal lain seperti main bola, menggambar tetap pake tangan kiri (kayaknya yang  ini dah gak bisa diubah).

Saya pun menulis pake tangan kanan sampai sekarang. Pas nyobain pake tangan kiri lagi jadi susah rasanya. Tapi kalo nulis huruf-huruf besar (misalnya pas bikin poster) saya pake tangan kiri karena kesannya seperti menggambar, cuma bentuknya aja yang huruf. Lama-lama kelamaan saya jadi bingung sendiri klo mau melakukan sesuatu, mau pake kanan atau kiri. Misal, pas belajar main gitar atau kecapi (sampe sekarang tetep gak bisa) saya kadang bingung sendiri soalnya mau gak mau pake kanan. Atau pas megang mouse mau gak mau pake kanan, takutnya yang klik kiri ntar jadi klik kanan.

Seiring perkembangan saya yang makin dewasa (huuu!), saya pernah mencoba menggambar pake tangan kiri dengan mengubah sudut pandang. Hasilnya tidak jelek, meski gak sebagus yang kiri. Saya juga bisa membuat dua gambar yang sama–dengan arah berlawanan—secara bersamaan dengan tangan kiri dan kanan. Nah makanya sampai sekarang masih bingung klo mau ngejelasin ke orang tentang ini. Yah..tapi basic-nya kidal…

One thought on “I am lefty, but…

  1. saya juga baru tau klo sahabat saya yang satu ini kidal, tp hal itu tidak pernah membuat kamu berhenti untuk selalu berkarya. saya sangat salut dengan kamu sobat.. that’s cool.. I just wanna say good luck for you n’ happy new year..

Leave a Reply

