suka duka DAT 2010

Tanggal 11-14 Januari 2010 kemarin Keluarga Mahasiswa  ITB ngadain Diklat Aktivis Terpusat 2010 di wisma UNISBA, Ciburial, Bandung. Acara ini tujuannya adalah:

  1. menumbuhkan kembali semangat “satu ITB”
  2. mewujudkan kader-kader yang dapat menjadi teladan (role model) bagi lingkungan kemahasiswaannya
  3. Menumbuhkan sikap kritis (sense of crisis) terhadap isu-isu ke-Indonesia-an yang bersifat aktual

Saya adalah salah satu peserta yang ikut berpartisipasi di acara ini sebagai perwakilan Unit kesenian Sul-sel. Di diklat ini kami diberikan berbagai materi sebagai tambahan wawasan untuk meningkatkan kompetensi kami sebagai seorang aktivis nantinya. Tentunya dengan pemateri yang berkompeten, silakan search aja di google nama-nama beberapa pemateri ini : Ridwan Kamil, Akhmaloka, Pidi Winata, Syarif tando.

Materinya ada macam-macam, mulai dari tentang gerakan kemahasiswaan di ITB dan nasional, tentang ITB sendiri, pendidikan, creativepreneurship, dan masyarakat ideal. Kami juga diarahkan untuk bisa mengenal potensi lembaga dan diri masing-masing. Intinya, kami diharapkan untuk dapat mengoptimalkan itu semua dalam community development dengan mengkolaborasikan potensi semua lembaga di ITB khususnya himpunan yang berbasis keprofesian.

Yah, cukup tentang isi acara, selanjutnya saya akan berbicara tentang suka duka yang saya alami di acara ini. Sukanya dulu deh, fasilitas DAT 2010 ini bikin saya betah banget dah ngikutin acara, trus view dari wisma ciburial bener bikin mata fresh dan terucaplah kalimat pujian untukNya. Di acara ini juga saya dapat banyak kenalan2 hebat2, meskipun dari 120an peserta saya cuma bisa kenal dengan 60an orang (serius nih,,,gw catat malah nama2nya).

Yang paling berkesan juga, simulasi integritas berkedok simulasi dagang, waktu itu di kelompok saya, saya dimanahi jadi bagian marketing dan alhamdulillah jadi marketer paling sukses dengan keuntungan terbesar, hoho

Ada juga saat-saat paling seru pas naik truk bareng2 menuju desa kidang pananjung, medan yang dilalui bener2 membuat peserta DAT ga bisa diam selama perjalanan,,,kalo dianalogikan kayak wahana halilintar di dufan, naik turunnya ekstrim,,hahaha

Kalo dukanya, gw pas DAT ini kehilangan dompet yang isinya duit sekian ratus ribu (unsure), KTM, KTP, n kartu2 penting lainnya, hiks mudah2an ada hikmahnya, mungkin ini teguran langsung dari Allah, Allahummaghfirlii dzunuubii…

Mungkin itu dulu deh,,wassalam

1.Mewujudkan kader-kader yang dapat menjadi teladan (role model) bagi lingkungan kemahasiswaannya

6 thoughts on “suka duka DAT 2010

  1. cieee…semoga semakin menambah kekayaan emosi en spritualmu^^
    dgn berinteraksi dan mengenal wahana baru, adek akan mendptkan byk energi positif🙂

Leave a Reply

