Menjaga Suasana Hati

Namanya juga manusia, ya tidak ada yg sempurna. Termasuk suasana hatinya, biasa kita sebut mood atau ruhiyah state. Kadang ia naik, kadang turun, bertambah dan berkurang. Seperti iman, yazid wa yanqush. Kita harus berusaha menjaga grafik ruhiyah dan mood kita agar stabil dan terus meningkat, klopun turun ya jangan sampai turunnya lebih rendah dari turun yg sebelumnya, apalagi sampe titik nol (minus ada g ya? –‘). Ya diusahakanlah pokoknya🙂

Nah saya mau berbagi sedikit tentang tips2 yg lahir dari pengalaman hidup saya dalam menjaga suasana hati agar ia senantiasa stabil, terjaga dan bahkan menaikkannya saat ia sedang galau gundah gulana (eaaa…).Cara2 yg simpel dan fun menurut saya, haha… ini dia:

Mendengarkan musik, biasanya saya memutar lagu2 slow mellow tapi asik. Sampai ada playlistnya. Paling mantep klo lagu2 islami kayak lagunya Maher Zain yg Open our eyes, Freedom, Always be there, Insha Allah,  I believe yg feat irfan makki, dll. Biasanya juga suka dengerin lagu yg ceria atau ngebeat seperti No Other-nya SuJu dan Into the New World-nya SNSD. Weu, promosi nih. Biasa juga mutar lagu OST Little Thing Called Love, mungkin ada yg pernah nonton? hee… Lagu2 seperti ini sudah saya stand by kan di mp3 dan Hape, jadi bisa dengerin sambil jalan PP ke kampus atau masjid Salman.

Menghindari kesendirian, maksudnya nyari temen. Saya ini kan anak kosan, sendirian, belum ada isteri pula. Jadi saya suka main ke kosan temen nginap, main ke kampus, masjid atau mungkin juga ngajak teman makan bareng. Sendiri tuh bahaya, paling rawan digodain setan. Klo bareng2 kan paling g g bakal ngelamun, merenung g jelas, biasanya setan suka godain org kayak gini, iya g sih tan? –‘. Paling bagus klo bareng temen2 yg bener dan sholeh, yg tidak sekedar senang bareng tapi juga mengingatkan dalam ibadah, ngobrolnya juga disisipkan nilai2 tausiyah, wuiih pol banget sudah klo begini, hehe… Pokoknya minimalisir waktu2 sendiri, ini di luar saat indah berdua denganNya ya😀

Humor, carilah sesuatu yg lucu dan menyenangkan, bisa film, gambar, buku humor atau ngobrol sama teman yg suka ngelucu. Yang bisa bikin tertawa atau minimal tersenyumlah. Klo suasana hati sedang senang gini kan insyaallah jauh dari stres. Klo cara yg ini biasa saya lakukan saat suasana hati saya sedang kesal atau bad mood.

Baca buku, buku2 yg ringan saja, seperti novel misalnya. Atau buku2 motivasi. Hindari yg berbau politik dan konspirasi atau semacamnya, berat soalnya. Baca buku seperti itu buat saya di waktu2 ‘tertentu’ saja.

Menulis, kadang ada hal2 yg kepikiran terus klo g dishare. Biasa stres lama2. Klo males diobrolin ya biasa saya tulis, medianya ya dengan blogging ini, semacam public diary gitu lah, hehe… (apaan tuh? –‘)

Nelpon Keluarga, saya kan anak rantau, jadi jauh dari keluarga. Bisanya nelpon aja sering2. Klo saya paling sering ngobrolnya sama kakak sulung. Curhat nih ceritanya. Enaknya ngobrol sama keluarga tuh ya bisa terbuka tentang apa saja🙂

Mengingat Allah, alaa bi dzikrillahi tatmainnul quluub… ini yang paling pol. Bukankah dengan mengingat Allah hati menjadi tenang? Medianya bisa macam2 sih, dzikir, tilawah (bagusnya sambil merenungi trjemahnya), tadabbur alam, halaqoh, mentoring dsb.

Nah, itu beberapa metode yg biasa saya pake, klo tmn2 sndiri gimana? klo ada cara lain bisa share di sini, tak ada ilmu yg lebih bermanfaat dari ilmu yg diamalkan🙂

.

2 thoughts on “Menjaga Suasana Hati

Leave a Reply

