Jabu’-jabu’

Siang kemarin dapat kiriman paket dari kampung halaman, Makassar. Paket yg dikirimin Ibu ini ternyata isinya makanan, namanya jabu’-jabu’. Ibu ngirimin ini karena kemarin saya gak sempat pamitan ke Ibu pas MTQ di Makassar beres, jadinya jabu’-jabu’nya gak sempat saya ambil. Maklumlah, waktu itu Ibu lagi di rumah yang di Makassar sedangkan saya ada di rumah yg di Tonronge, dari Tonronge langsung ke bandara, jadinya gak sempat ketemu, maafkan saya bu…hiks…

Back to the topic. Jabu’-jabu’ ini adalah makanan sejenis abon ikan, dibuat dari daging ikan (enaknya pake ikan bandeng) yang sudah dihalusin trus diaduk dengan parutan kelapa abis tu di goreng. Makanaan kesukaan saya nih dari kecil. Makanya Ibu selalu bikinin setiap saya pulang kampung sejak mulai merantau setelah tamat SD, saya lanjut di MTs Mu’allimin Muhammadiyah Jogja soalnya. Jabu’2 ini enak loh, kenapa? pertama ya karena saya memang doyan, kedua karena yang bikin Ibu yang emang jago masak. Pastinya jabu’2 ini dibikin dengan cinta seorang Ibu kepada anaknya. Setiap detik prosesnya dipenuhi zikir dan doa untuk sang anak, makanya buat saya makanan ini gak bisa dibandingin deh sama makanan bikinan orang lain, hohoho😀

Nostalgia dikit, pas saya masih SD dulu,(jaman2 krismon saat semua sembako serba mahal), Ibu selalu membuatkan jabu’2 dari stok ikan yang ada, lebih hemat, tahan lama dan lebih enak. Jadi setiap makan tuh ya pake nasi aja trus ditaburin jabu’2 trus tambahin kecap baso. Enak dan bergizi! secara jabu’2 tu dari ikan masbro, hehe… Yah, setiap makan jabu’2 ini saya jadi selalu mengingat kenangan2 jaman SD dulu, mengharukan sekali saudara-saudara… T_T

Berkat kiriman jabu’2 ini juga, saya jadi bisa lebih hemat buat lauk sahur ramadhan, hehe😀

Itulah cerita jabu’2ku kawan, itadakimaaasu! :9

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s