Sifat Manusia

Duduk-duduk termenung di Masjid Salman saya pun teringat dengan sebuah majelis ta’lim yg pernah saya ikuti. Ta’limnya membahasa sifat-sifat yang dimiliki manusia.

Jadi manusia itu pada dasarnya memiliki sifat ‘malaikat’ dan sifat ‘an’aam’ (binatang). Bagaimana cara membedakannya? gampangnya setiap tingkah laku manusia yg dikendalikan oleh hawa nafsu itulah sifat an’aamnya. Misalnya, berlebih2an dalam makan. Nah, sifat2 an’aam kita inilah yang tak henti2nya diprovokasi oleh setan musuh bebuyutan manusia. Sedangkan sifat malaikat itu saat tingkah laku kita dikendalikan oleh iman dan ketaatan kepada Allah. Misalnya, saat mendengar azan langsung bersegera ke masjid (buat yg muslim).

Kedua sifat ini selalu berperang untuk mendominasi pengendalian diri kita sebagai manusia. Makanya ruhiyah kita kadang naik turun. Ini adalah bagian dari ujian iman. Jika kita mampu melewati ujian tersebut maka kita akan menempati derajat sebagai yang lebih mulia dari malaikat, defaultnya memang derajat manusia lebih mulia dari malaikat. Malaikat selalu taat kepada Allah, selalu, karena malaikat memang diciptakan seperti itu, laa ya’shuunallaaha maa amarahum wa yaf’aluuna ma yu’maruun. Sedangkan manusia dalam ketaatannya kepada Allah selalu dirintangi oleh hawa nafsu. Makanya manusia yg taa kepada Allah lebih mulia dibanding malaikat.

Di sisi lain, menuruti hawa nafsu bisa saja menjadikan derajat manusia lebih rendah dari binatang. Binatang diciptakan bertingkah mengikuti insting dan nafsunya, tanpa ada pertimbangan akal dan hati, maka wajarlah binatang seperti itu. Sedangkan manusia sudah dibekali akal dan hati, jadi klo manusia kalah sama hawa nafsunya (padahal sudah diberi akal dan hati) maka jelas dia lebih rendah dari binatang.

Mau tahu sifat yang mana yang mendominasi kamu? Sifat malaikat atau an’aam? Jawab saja pertanyaan dalam cerita di bawah ini, anggap saja kamu sedang bnr2 mengalaminya, jawab yg jujur ya😀 :

Suatu shubuh kamu sedang iseng berjalan-jalan di kebun duren milik ayahmu. Lagi asik2 jalan, tiba2 ada duren jatuh (pastinya udah matang banget tuh,nyam :9). Bertepatan saat kamu melihat duren (yg kelihatannya sangat lezat dan baunya masyaallah harum pisan) azan shubuh pun berkumandang…

Nah, apa yg akan kamu lakukan? Apakah kamu akan mengambil duren itu dan memakannya baru setelah itu sholat shubuh? atau kamu mengacuhkannya dan bersegera ke masjid untuk sholat?

Jika kamu memilih yg pertama maka kamu didominasi sifat an’aam, jika memilih yang kedua berarti sifat malaikat yg mendominasi. Jadi tadi pilih yang mana? ehe🙂

Sebenarnya ada satu pilihan lagi, pilihan yg satu ini kita ambil karena kita memiliki satu sifat lagi (di samping sifat an’aam dan malaikat), yaitu sifat manusia, ini yg paling keren menurut saya. Jika didominasi sifat ini, maka kamu pasti akan memilih untuk mengambil duren itu, menyimpannya dulu, lalu menyegerakan sholat shubuh ke masjid, baru deh setelah itu menikmati durennya, pol kan? dunianya dapat, akhiratnya juga, rabbanaa aatinaa fid dunya hasanah wa fil aakhirati hasanah wa qinaa ‘adzaabannaar hehe…

Selama kita memiliki sifat manusia yg mendominasi diri kita, maka tidak ada yg perlu kita takuti selain Allah pencipta kita. Kita manusia adalah makhluk yg diberi amanah sebagai khalifah di muka bumi ini, maka semua yg ada dunia ini akan tunduk kepada manusia atas izin Allah selamat kita masih bersifat manusia. Singa, ular, dan binatang2 buas lainnya, termasuk setan akan takut dan segan.

Trus knp masih banyak manusia kegigit ular? ya salah sendiri cari gara2 padahal ularnya g salah apa2. Knp singa atau harimau yg malah mangaum  atau menyerang saat melihat manusia? seolah2 ingin menunjukkan ketidakberdayaan manusia? Singa dan harimau berani begitu karena saat kita melihat mereka kita udah takut duluan –‘ sehingga ketakutan itu memudarkan sifat manusia kita yg (seharusnya) memancarkan cahaya pada tatapan kita saat berhadapan dengan singa atau harimau. Seandainya kita mampu meneguhkan hati hanya takut kepada Allah, insyaAllah tidak akan kenapa2.

Wallahu a’lam🙂

berpelukaaan!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s