Dari . ke .

UAS (Ujian Akhir Semester Semester) Studio Perancangan Arsitektur 4 belum lama berakhir, lega banget rasanya beban 8 SKS semester ini terangkat, plong. Berikut ini hasil perenunganku setelah pengumpulan.

Meskipun semua akhirnya selesai, kejaran tercapai, tapi aku tidak bangga dengan proses yang kulalui. Hidup itu seperti perjalanan dari titik ke titik, diawali dengan titik ‘lahir’ dan diakhir dengan titik ‘mati’, di antara keduanya ada banyak titik-titik lagi yang tidak terhitung, bisa berupa target2, kejaran tugas, mimpi, cita2, amanah, dsb. Nah, proses ada kumpulan titik menjadi garis yang menghubungkan titik-titik itu. Bisa saja garis proses ini lurus, bisa juga mencang- mencong, belok-belok, naik turun.Aku lahir, merangkak, jalan, tk, sd, smp, sma, lalu kuliah, ada tugas ini, tugas itu, abis ini lanjut yang itu, akhirnya lulus, kerja, nikah, punya anak, teruuuus lanjut ke titik2 lain sampai mati.

Titik saat memulai sesuatu itu penting, titik saat menuai hasilnya juga penting, tapi buatku sebagai individu prosesnyalah yang jauh lebih penting karena di situ yang banyak dapat pelajarannya, proses dewasanya, ditempanya, pembuktian komitmennya, semua disitu. Orang lain mungkin hanya mau melihat hasil kita, itu wajar klo mereka masa bodo sama proses yang kita lalui, yang penting hasilnya bagus, titik. Jangan sampai terperangkap aja dalam pandangan orang2, bagaimana mereka menilai dsb sampai lupa padangan diri terhadap diri sendiri. Karena pada akhirnya mati juga sendiri-sendiri dan bawa bekal sendiri.

Proses yang kulalui kemarin kusut g karu2an, karena g disiplin, malas-malas dsb, huks…padahal proses bisa lurus, cepat, tepat dan efisien waktu klo mau disiplin. Manusiawi sih, tapi klo bisa dilurusin kenapa enggak gitu. Mudah2an yang berikutnya lebih baik.

Pernah liat grafik detak jantung di ECG (electrocardiogram)? hidup seperti kali ya prosesnya, lurus-naik-turun-lurus dst. Pas udah cardiac arrest, jantung berhenti berdetak, grafiknya lurus, tuuuuuuuuut, mati. Pengennya pas hidup berakhir kayak gitu, lurus.

ECG_300

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s